Rajab Katakan : Warga Masyarakat Harus Hati-Hati Keberadaan Sarang Tawon Jenis VESPA AFFINIS

  • Redaksi
  • Kamis, 17 Februari 2022 07:23
  • 13 Lihat
  • Berita Umum

Kabupaten Bekasi l  Budaya Indonesia - Menindak lanjuti laporan dari Ibu Sumyati, warga Kedung Ringin dan Bpk. Ade Olih, warga  Kp. Pengangson, Desa Sukaringin, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi terkait keberadaan sarang tawon di atas atap rumahnya,  Relawan Baznas Tanggap Bencana Kabupaten Bekasi Bersama Team DAMKAR Kabupaten Bekasi dengan sigap menuju lokasi untuk melakukan eksekusi, pada Senin (14/02/2022). 

Jenis Tawon yang bersarang diatas atap rumah warga tersebut dikategorikan jenis Tawon Vespa Affinis. Salah satu jenis Tawon yang memiliki sengatan yang luar biasa. Korban sengatan Tawon jenis ini harus segera dibawa ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk segera mendapatkan pertolongan. 

"Sudah ada beberapa orang yang menjadi korban karena sengatan tawon jenis Vespa affinis tersebut, sehingga harus di bawa ke klinik terdekat," ujar Bpk. Ade Olih, pemilik rumah di Kp. Pengangson. 

"Oleh karena itu, Bpk. Ade Olih melalui saran warga meminta bantuan kepada Relawan Baznas Tanggap Bencana Kabupaten Bekasi , agar sarang tawon diatas atap rumahnya dapat segera dieksekusi," lanjut salah satu warga sekitar. 

Melalui prosedural, Relawan Baznas Tanggap Bencana Kabupaten Bekasi yang bekerja sama dengan Team Damkar Kabupaten Bekasi, segera merespon baik keluhan warga tersebut. 

" Kami terIma laporan dari warga-warga tersebut pada Hari Senin pagi pkl. 10.00 WIB, dan pelaksanaan eksekusinya pada malam hari pkl. 20.00 WIB, " tutur Rajab Muniansyah, Relawan Baznas Tanggap Bencana Kabupaten Bekasi. 
"Kenapa eksekusi pada malam hari, karena kalau malam hari, 90 % Tawon berada di dalam sarangnya, sehingga memudahkan tim untuk melaksanakan eksekusi tersebut, " lanjut Rajab. 

"Dengan dibantu bantu oleh Rt dan warga setempat,  tim berhasil mengeksekusi sarang tawon jenis Vespa Affinis tersebut yang berada diatas rumah warga. Masing-masing bobot  kedua sarang tawon dari dua rumah di masing-masing kampung yang berbeda itu, kurang lebih sekitar 30 s/d 40 kg," kata Rajab lagi. 

Menurut Rajab, selaku salah satu eksekutor dari Relawan Baznas Tanggap Bencana Kabupaten Bekasi, "Di musim penghujan ini sangat banyak Sarang Tawon jenis Vespa Affinis, karena memang mereka lebih mudah untuk membuat sarang. Tawon jenis ini berkembang biak dan sangat berbahaya bila menyerang. Serta dapat mematikan jika sekala besar. Maka dari  itu kami terus berusaha untuk merespon segera dan menindak lanjuti laporan warga terkait sarang tawon vespa affinis ini, untuk menghindari ada nya korban akibat sengatannya," papar  Rajab panjang lebar. 

Hal senada juga disampaikan oleh Musa, Komandan tim Damkar Kabupaten Bekasi, "Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak kasus pengeksekusian Sarang Tawon yang selama ini kami lakukan bersama tim. Ditahun 2022 ini saja, kurang lebih 100 kasus eksekusi Sarang Tawon," jelas Musa. 

 " Kendala kami di lokasi itu yang pertama pada saat cuaca hujan. Kondisi atap rumah pasti licin. Sehingga sulit bagi kami untuk menjangkau sarang tawon tersebut. Yang kedua, yang lebih sulit lagi bila posisi sarang tawon berada di atas pohon yang tinggi. Kami harus menggunakan metode di obong atau di bakar. Metode ini langsung kita tujukan langsung ke lubang keluar masuknya Tawon tersebut, " sambung Rajab seraya menutup wawancara dengan awak Media Budaya Indonesia. (Ayu)

Komentar

0 Komentar