Kemarau Panjang Melanda Masyarakat Kaki Gunung Rinjani, Desa Lantan

  • Redaksi
  • Sabtu, 30 September 2023 23:56
  • 16 Lihat
  • Bencana

Lombok tengah I Media Budaya Indonesia.Com - Air menjadi kebutuhan dasar kehidupan manusia 70% - 80% tubuh manusia terbuat dari air. Pentingnya air bagi manusia menjadikan air sebagai sumber kehiduapan manusia. Bukan menjadi rahasia bahwa sumber mata air yang ada di pulau Lombok adalah rinjani sehingga daerah kawasan kaki gunung Rinjani tidak pernah kekurangan air dan tidak heran jika daerah daerah yang jauh dari Rinjani seperti daerah selatan pulau Lombok lebih kekurangan air. 

Tetapi berbeda dengan musim kemarau tahun ini, masyarakat sekitar kaki gunung Rinjani juga mulai merasakan dampak dari kemarau panjang. 

Inak Ihan salah satu masyarakat desa Lantan, dusun Sumberan mengaku mulai merasakan dampak yang disebabkan kemarau panjang. 

"Tumben tahun ini musim panas panjang sekali, biasanya begitu mau masuk Agustus hujan sudah mulai turun, rumput rumput untuk ternah hewan ternak sudah muali kering" katanya saat ditemui jum'at (29/9/2023)

Masyarakat harus mewaspadai bencana kekeringan sebab air sebagai sumber kehidupan masyarakat pulau Lombok mulai berkurang.
(Atma)

Provinsi Lombok # Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar